Bagimu Iseng, Namun Pertanyaan "Kapan Nikah" Bisa Menjadi Racun Untukku

KODE IKLAN ADSENSE TENGAH ARTIKEL (336X280)
Semboyan Hidup - Sahabat Islami, Menikah merupakan hal yang sakral dalam kehidupan karena bisa dipertanggungjawabakan sampai ke akhirat kelak. Ketika berbicara perihal pernikahan, yang membuat seseorang bahagia ya pastinya bisa bersanding dengan orang yang dicintai. Menikah adalah hal yang luar biasa, apalagi ketika kamu sudah menjalaninya. Ya, menikah seolah hidup yang kamu jalan sudah lengkap adanya. Kamu mungkin merasa yang paling beruntung. Sudah menikah, sementara teman-temanmu masih banyak yang sendiri

.


Dan pada akhirnya, kamu sering mempertanyakannya kepada mereka yang masih sendiri, dengan sebuah pertanyaan “Kamu kapan nyusul aku?”.
Terdengar remeh dan menurutmu hanya sekadar bercanda. Namun ada baiknya kamu mulai berhenti untuk menggoda temanmu dengan pertanyaan itu. Ketahui bahwa waktu terus berjalan, dan pada setiap roda yang diputar itulah ada celah yang membuat seseorang bisa merancang masa depan. Oleh karena itu, ini dariku, untukmu yang sering bertanya "kapan nikah?".

1. Buatmu itu memang sekadar godaan. Tapi jika temanmu seseorang yang sensitif, itu bisa jadi melukai hatinya

Terkadang, kita tanpa sadar melukai seseorang dengan hal yang sebenarnya bertujuan untuk sekadar bercanda. Begitu juga dengan pertanyaanmu yang seringkali kamu tujukan untuk temanmu, baik yang masih jomblo atau yang sudah punya pacar tapi nggak tahu kapan nikahnya. Yakni pertanyaan “Kamu kapan nyusul aku? Buruan deh, nunggu apalagi?”.

Untukmu dan sebagian orang, itu mungkin terdengar biasa saja. Namun bagaimana dengan mereka yang perasa, dan mungkin pertanyaanmu itu bukannya terdengar menghibur, tapi malah melukai? Kamu memang mengenalnya cukup lama, kalian sering menghabiskan waktu bersama, tapi itupun bukan jaminan bahwa kamu sudah mengenal temanmu dengan baik. Apa yang kamu lihat tentangnya tak selalu seperti apa yang ada dalam dirinya. Bisa jadi dia memiliki pengalaman kisah cinta yang menyakitkan, diputuskan begitu saja, atau malah sebuah pernikahan yang gagal ia pernah alami.

2. Daripada bertanya “Kapan nyusul?”, baiknya kamu bilang "Jodohmu sebentar lagi datang"

Mungkin kamu sering lupa bahwa tingkat humor seseorang itu berbeda-beda. Terdengar lucu di telingamu, namun menyakitkan untuk orang lain. Itulah mengapa kamu perlu berhenti bertanya “Kapan ambil giliran?” ke temanmu yang belum juga menikah.

Selain bisa menyakiti hati temanmu, pertanyaan itu berkesan membuatmu terlalu ikut campur urusan mereka. Daripada mempertanyakan hal itu padahal mungkin saja dia belum memiliki pasangan, atau modal untuk menikah, malah lebih baik kalau kamu mendoakan mereka untuk segera bertemu dengan jodohnya. Ini juga tanda, kalau kamu adalah teman yang baik dan selalu mendoakan yang terbaik untuknya.

3. Kamu tidak pernah tahu tentang beban hidup temanmu. Kamu juga pasti paham kalau menikah tidaklah mudah

Hidup masing-masing orang itu berbeda, dan kamu juga tahu itu. Kemampuan seseorang untuk kemudian berani ambil langkah untuk menikah juga berbeda dengan kesiapanmu kemarin sebelum memutuskan untuk menerima pinangan kekasihmu.

Banyak faktor yang masih membuatnya merasa perlu pikir panjang soal pernikahan. Di luar, kamu memang memandangnya sebagai seseorang yang menyenangkan, tak pernah kesulitan untuk bergaul dan mapan dalam urusan materi. Hal itu pasti membuatmu tergoda untuk menanyakan, mengapa ia tak kunjung menikah sepertimu.

Ia tentu juga ingin menikah sepertimu, tapi mungkin pasangannya tak kunjung melamar atau terganjal restu orangtua. Tak banyak yang tahu beban temanmu untuk memperjuangkan sebuah pernikahan sepertimu. Kamu yang lebih dahulu melangkah, pasti paham benar bahwa mempersiapkan sebuah pernikahan itu tak semudah membalikkan telapak tangan.

4. Life goal antara kamu dan temanmu mungkin berbeda. Ada banyak hal yang membuatnya lebih memilih sendiri dulu

Masing-masing orang jelas memiliki tujuan hidup yang berbeda. Kalau kamu sangat ingin menikah di usia muda, mungkin berbeda dengan temanmu yang ingin lebih dulu menggapai cita-citanya sejak ia masih kecil, atau ingin membahagiakan orangtuanya terlebih dahulu.

Itulah mengapa kamu tak perlu lagi menanyakan kapan ia segera melepaskan masa lajangnya seperti kamu. Karena terus mencecarnya dengan pertanyaan seperti itu berarti kamu tak bisa menghargainya dengan baik. Kamu juga akan gerah jika ada seseorang yang mencecarmu dengan pertanyaan “Kapan punya momongan ‘kan?”. Karena keduanya jelas takdir Tuhan, yang manusia kadang tak bisa memprediksinya.


5. Toh kamu seharusnya paham, bahwa menikah bukan satu-satunya takaran kebahagiaan

Untuk sebagian orang, menikah memang terdengar terasa indah. Hidup lengkap dan tak lagi sendirian. Memang lebih menyenangkan memiliki pasanganan halal dengan segera, namun bukan berarti mereka yang belum menikah atau malah masih jomblo tidak sebahagia kamu.

Menikah bukanlah sebuah ukuran kebahagiaan yang hakiki, karena kebahagiaan menurut tiap orang pun berbeda. Tak perlu lagi menanyakan kapan ia akan menyusulmu menikah, karena bisa saja dia sudah merasa bahagia dengan keadaannya yang sekarang. Bila kamu merasa kebahagiaanmu memang patutnya dibagikan, bagikanlah cerita tentang bagaimana indahnya berumah tangga, bukan memburu temanmu dengan pertanyaan kapan menyusul.

6. Karena sejatinya, menikah itu bukan siapa cepat dia yang dapat. Menikah juga perihal kesiapan lahir dan batin

Jika menurutmu menikah adalah hal yang mudah, bersyukurlah bahwa Tuhan telah mempermudah langkahmu. Kamu menemukan seseorang yang juga telah sama siapnya seperti kamu dan juga materi yang berkecukupan. Namun, kemudahan itu tak selalu dimiliki oleh orang lain, seperti temanmu misalnya.

Ia mungkin memiliki pekerjaan yang baik, dengan orangtua yang juga menginginkannya segera untuk menikah, namun dia belum menemukan takdirnya. Atau malah dia sudah memiliki kemudahan yang sama sepertimu, namun hati dan pikirannya belum juga siap. Dia yang paling tahu kapan akan siap memasuki gerbang pernikahan. Kamu sebagai temannya hanya berhak untuk mendukungnya, tanpa harus memburunya dengan pertanyaan yang sebenarnya tak penting itu. Karena sebuah pernikahan bukan sebuah ajang lomba lari.

Mulai sekarang belajarlah menjadi bijak. Ada hal-hal dalam hidup orang lain yang tak harus selalu kamu tahu. Toh kalau diperlakukan sama, kamu juga akan merasa tersinggung ‘kan? Ayo berubah menjadi lebih baik!



sumber : www.wajibbaca.com
IKLAN DI BAWAH ARTIKEL (INARTICLE ADS)

10 Easy Steps to Succeed in Your Online Classes

Congratulations Youve made up our minds to pursue your upper schooling, and doing so online is how to pass if you have an interest in a versatile, studentcentered educating manner. Studying online permits you to pursue different pursuits and attend to different responsibilities whilst nonetheless operating your method towards some extent. However, it will now and again imply that its clean to get distracted. Here are 10 clean steps to verify luck on your online categories.

  1. Connect together with your instructors once conceivable. Even in case you are doing smartly within the category, its extraordinarily vital to increase a rapport together with your trainer. When you do that early on, you temporarily understand what the priorities are within the route, what expectancies the professor has of you and youre going to be motivated to prevail, surer of whats forward and higher ready to do smartly with the impending subject material.

Valuable questions to invite your trainer come with the next

How versatile are you with time limits How versatile are you with grownup freshmen What applied sciences do you employ within the route How to be had are you through e mail and different sorts of verbal exchange How do you put up an internet neighborhood and what are the expectancies for participation in it In addition, since instructors are to be had to lend a hand all over the classes, its all the time just right to have had private touch with the trainer early on. This method, when you wish to have lend a hand, its more straightforward to achieve out and get the help you wish to have.

  1. Confirm the technical necessities of the route. Online categories can also be very advisable for college kids with busy schedules, however provided that they are able to simply get right of entry to the fabrics. It is vital to obviously perceive what the technical necessities are. So, ahead of the route begins or as quickly thereafter as conceivable, youll want to test that your pc will paintings with the entire online equipment, and that you understand how to navigate them. This will be sure that you dont must spend time all the way through the route attempting to determine the generation.

three. Create a time table and stick with it. Quality online instructors create classes which might be clean to navigate and feature transparent expectancies. Having that roughly easytodealwith framework in position will make learning and succeeding that a lot more straightforward. However, although the framework and necessities of your category arent as transparent, youll create a time table and construction, which is able to very much fortify your probabilities of luck within the route. Using equipment equivalent to Google Calendar is a good way to start out. Knowing how your weeks and months glance and scheduling blocks of analysis time for each and every activity or module will will let you stick with a time table.

four. Ask questionsall the time. When you dont perceive, ask questions. When you do perceive, ask additional questions. Instructors recognize scholars who take part, and if theres a participation or dialogue part a part of the grade, then asking high quality questions is helping guarantee your grade on this space. Even if there isnt a participation part, its all the time helpful to invite inquiries to remember to perceive the fabric and are transparent on what is needed of you.

five. Be arrangedand keep arranged. Students whore taking conventional, campusbased classes most often have a constant time table to observe each and every week, through which study room instruction is adopted through assignments out of doors the category. However, for online classes, scholars will have to search out their very own techniques to stick on most sensible in their paintings. It is crucial that you just be arranged from the start of the semester with the intention to achieve success in an internet route. For instance mark task due dates on your calendar, discover a submitting machine for each online subject material and bodily subject material that is helping you stay monitor of the whole lot simply, and shed light on find out about schedules that duvet sections of the route one by one so youve got an arranged tactic to protecting the semesters subject material as you pass alongside.

  1. Have a blank, quiet, and constant workspace. One factor online and inclass classes have in not unusual is that scholars all the time want a spot to review or whole assignments this is blank, quiet, and constant. You can select the place that is for youwhether or not its at a espresso store, a college library, a devoted place of business, or at house. Wherever you select to review and whole assignments, you must make it a constant location that doesnt have out of doors distractions. It is basically key that where is quiet and lets you focal point in your paintings with out distractions.
  2. Do no longer procrastinate. Successful distance freshmen hardly procrastinate. They dont do away with assignments or wait till the final second to write down their papers. Successful online scholars experience freedoms that come with operating at their very own tempo and the facility to finish their paintings in as a lot time because it takes them. On the opposite hand, they know that finishing their assignments is best performed early and on time cramming merely doesnt paintings, and it doesnt will let you retain knowledge longterm. Get began early on getting a success.

eight. Work in your studying comprehension. Successful distance freshmen generally tend to have just right studying comprehension abilities. Most conventional, campusbased scholars concentrate to lectures and take notes, and a few online classes additionally require this. However, the vast majority of distance freshmen are anticipated to grasp subject material thru a large amount of studying. Although far finding out classes be offering video recordings and audio clips, maximum systems require scholars to hide and grasp a considerable amount of written knowledge. If it is a problem for you, it could be very useful to first sign up in a studying comprehension route there are lots of assets online that will help you do that. This ability by myself could make a huge distinction on your luck.

nine. Establish and admire routines that be just right for you. If, for instance, youre employed best within the morning or in brief bursts, then set find out about routines that can help you find out about within the prelunch hours when your mind is contemporary. If, then again, you do best through learning at evening or at the weekends when youll devote nightowl hours or longer blocks in your learning, then make it some degree to take action. Consider how and whilst you paintings best, and enforce a find out about plan that respects the routines that be just right for you.

  1. Connect together with your friends. Establishing sturdy connections with friends and professors is a very powerful facet of tutorial luck, in addition to skilled development. One of essentially the most rewarding reports in schooling is finding out thru collaboration. Forming significant relationships together with your friends and professors can can help you be told extra, keep motivated, and feature an outlet to specific your personal working out of subject material. So, keep attached thru message forums, chat rooms, e mail, and different digital assets. And take note lots of the other people you meet in faculty shall be conceivable process assets down the road so determine connections and keep in contact

Florida National University gives a wealth of tutorial and professional online classes. Check out the entire choicesyour long run is ready

BACA JUGA